Menu Close

Profil

Fakultas Hukum UnHar yang berdiri berdasarkan Putusan Menteri Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi Republik Indonesia dengan Nomor 459/KPT/I/2017pada tanggal 24 Agustus 2017 tentang Izin Penggabungan Sekolah Tinggi Tekhnik Harapan, Sekolah Tinggi Bahasa Asing Harapan, Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Harapan dan Akademi Manajemen Informatika dan Komputer Harapan Medan Menjadi Universitas Harapan Medan Di Kota Medan Yang Diselenggarakan Oleh Yayasan Pendidikan Harapan.

Profil Prodi dan Lulusan

Profil lulusan adalah “peran” yang diharapkan bisa dilakukan nantinya (out come) oleh lulusan didunia kehidupan, seperti : Hakim, Jaksa, Peneliti Pemula, Legal Staf, Asisten Konsultan Hukum dan lain-lain. Profil lulusan Program Studi Ilmu Hukum UnHar adalah :

  1. Hakim

Hakim adalah Hakim pada Mahkamah Agung dan Hakim pada Badan Peradilan yang berada dibawahnya dalam lingkungan Peradilan Umum, lingkungan Peradilan Agama, lingkungan Peradilan Meliter, lingkungan Peradilan Tata Usaha Negara, dan Hakim pada Peradilan Khusus yang berada dalam lingkungan Peradilan tersebut.

  • Jaksa

Jaksa adalah pejabat fungsional yang diberi wewenang oleh undang-undang untuk bertindak sebagai penuntut umum dan pelaksana putusan pengadilan yang telah memperoleh kekuatan hukum tetap serta wewenang lain berdasarkan undang-undang.

  •  Peneliti Pemula

Peneliti Pemula adalah seseorang yang turut serta dalam pelaksanaan sebuah kegiatan peneliti ilmiah dalam rangka membina dan mengarahkan para peneliti pemula untuk meningkatkan kemampuannya dalam melaksanakan penelitian ilmiah.

  • Legal Staf

Legal staf adalah tenaga profesional yang memiliki keahlian dan keterampilan dalam bidang hukum yang mampu memberikan jasa keterampilan pelayanan hukum bagi kebutuhan instansi pemerintah, non pemerintah, perusahaan BUMN/BUMD, Swasta dan lembaga lainnya.

  • Asisten Konsultan Hukum

Asisten Konsultan Hukum adalah seseorang pendamping dari seorang konsultan hukum/advokat yang memberikan jasa konsultasi hukum, bantuan hukum, menjalankan kuasa, mewakili, mendampingi, membela kepentingan klien di dalam dan di luar peradilan, dan melakukan tindakan hukum lain untuk kepentingan hukum klien.